Sunday, March 29, 2009

Haji Wada' Pada Tahun Ke-10 Hijrah


Pada bulan Dzul-Hijjah tahun ke 10 H. Rasûlullâh saw. bersiap-siap untuk melaksanakan ibadah haji ke Makkah bersama-sama para sahabat dan kaum Muslimîn yang jumlahnya ribuan orang. Dalam perjalanan inilah dijelaskan dan dicontohkan oleh Rasûlullâh saw. tata-cara pelaksanaan manasik haji dalam bentuknya yang sempurna yang terus berlaku sampai hari ini dan seterusnya.

Ketika melakukan wuqûf di padang 'Arafah, Beliau pun menyampaikan khuthbahnya yang terakhir di hadapan semua manusia, Beliau menyeru mereka untuk memelihara persatuan, bersikap jujur dan benar, menyatukan barisan, menunaikan seluruh peribadatan yang wajib dalam Islâm dan berpegang teguh dengan qaidah akhlaqnya yang tinggi. Kemudian Beliau membacakan firman Allâh yang merupakan wahyu terakhir yang Beliau terima:


الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ اْلإِسْلاَمَ دِينًا

Artinya :

"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni`mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.".

(Surah Al-Mâ-idah (5) : 3)

Saat itu kaum Muslimîn merasa, bahwa khuthbah Rasûlullâh saw. merupakan isyarat bahwa Beliau akan pergi meninggalkan mereka selama-lamanya, Beliau pun berpesan kepada mereka agar tetap melaksanakan semua kewajiban Agama sepeninggalnya nanti. Maka, mereka pun merasakan kesedihan yang mendalam mendengar pesan itu.

Setelah kembali ke Madînah, di akhir bulan Shafar Beliau mulai merasakan datangnya penyakit, namun Beliau tetap bekerja seperti biasa sehingga penyakit tersebut benar-benar menghentikan aktifitasnya dan membuatnya terbaring lemah. Setelah menderita sakit selama lima-belas hari, Beliau wafat dengan tenang, pada tanggal 12 Rabî'ul-Awal tahun ke 11 H.

Sumber : http://dakwah.info

0 komentar:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates

 

Cute Orange Flying Butterfly