Monday, March 2, 2009

Turunnya Wahyu & Diutus Menjadi Rasul

Ketika usianya mendekati empat-puluh tahun, kecenderungannya menyendiri dan merenung semakin bertambah, kemudian Beliau pun mulai suka berkhalwat. Dan itu dilakukannya di sebuah gua yang terletak di puncak gunung di luar kota Makkah, yang terkenal dengan sebutan gua Hirâ', sedangkan gunung itu disebut gunung Nûr atau Jabal Nûr.

Dan itu terjadi pada suatu hari di bulan Ramadhân, yaitu ketika Beliau sedang berkhalwat, melakukan perenungan yang dalam untuk membersihkan jiwanya, pada saat Matahari hampir terbenam, tiba-tiba Beliau dikejutkan oleh suara yang halus yang berbicara kepadanya di keheningan gua : (إِقْرَأْ) "Bacalah!". Beliau pun terkejut dan merasa takut, namun Beliau menjawab: (مَا أَنَا بِقَارِئ) "Aku tidak bisa membaca". Tiba-tiba Beliau merasa ada sesuatu yang menekan dadanya sehingga membuatnya sulit bernafas, lalu tekanan itu berangsur-angsur hilang dan Beliau pun merasa ringan. Namun, suara itu pun terdengar lagi: (إِقْرَأْ) "Bacalah!". Dan Beliau pun kembali menjawab : (مَا أَنَا بِقَارِئ) "Aku tidak dapat membaca". Beliau pun kembali merasakan tekanan pada dadanya. Dan ketika tekanan itu hilang, suara itu pun terdengar lagi :


إِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَ . خَلَقَ اْلإِ نْسَانَ مِنْ عَلَقٍ . إِقْرَأْ وَ رَبُّكَ اْلآَ كْرَمُ . الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِ . عَلَّمَ اْلإِ نْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Artinya :

"Bacalah dengan nama Rabb-mu Yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Rabb-mu yang Maha Mulia. Yang telah mengajar dengan qalam. Dia telah mengajarkan manusia apa-apa yang belum diketahuinya".

(Surah Al-'Alaq (96) : 1 s/d 5)

Lalu suara itu hilang dan suasana kembali hening dan Matahari pun terbenam. Kejadian itu membuat Beliau merasa sangat takut, maka Beliau segera keluar dari gua itu dan turun dengan tergesa-gesa, lalu cepat-cepat pulang ke rumahnya di Makkah. Beliau tiba di rumah ketika hari sudah gelap, karena jarak perjalanan dari rumah ke Jabal Nûr kira-kira 3 Km.

Setibanya di rumah, Beliau pun memanggil-manggil isterinya, dan Beliau berkata kepada isterinya : "Selimutilah aku, selimutilah aku". Sementara itu keringat terus menetes dari tubuhnya, padahal tubuhnya menggigil kedinginan. Khadîjah segera menyelimuti Beliau dan menghibur Beliau dengan ucapan yang lemah lembut sehingga rasa takut Beliau hilang. Lalu Beliau ceritakan kepada Khadîjah apa yang dialaminya di gua Hirâ', dan Beliau berkata kepada Khadîjah :

لَقَدْ خَشِيْتُ عَلَى نَفْسِي

Artinya :

"Aku sangat menguatirkan diri-ku".

Kekuatiran Beliau itu suatu hal yang wajar karena saat itu Beliau belum tahu bahwa yang datang pada Beliau itu adalah malaikat Jibrîl yang turun membawa wahyu dari Allâh SWT., dan merupakan awal atau permulaan ayat-ayat Al-Qur-ânul-Karîm.

Khadîjah kembali menghibur dan menenteramkan Beliau, bahkan meyakinkan Beliau bahwa apa yang dialaminya itu merupakan suatu pertanda baik, karena Beliau adalah seorang yang bersifat mulia, menepati janji, jujur, sangat baik terhadap keluarga dan suka membantu orang yang dalam kesulitan. Sikap dan tutur-kata Khadîjah membuat jiwa Beliau kembali tenteram, bahkan membangkitkan perasaan optimis.

Mengunjungi Waraqah bin Naufal

Ketika Khadîdjah melihat Beliau telah kembali seperti semula, ia pun mengajak Beliau pergi ke tempat putera pamannya yang bernama Waraqah bin Naufal, seorang yang bijak dan menguasai kitab-kitab suci dan sangat pandai berbahasa 'Ibrâni. Sesampainya di sana Beliau pun menceritakan kepada Waraqah apa yang dialaminya di gua Hirâ'. Waraqah sangat terkejut mendengar cerita itu, ia berkata kepada Beliau :

وَ الَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ إِنَّكَ لَنَبِيُّ هَذِهِ اْلأُمَّةِ , وَ لَقَدْ جَاءَكَ النَّامُوْسُ اْلأَكْبَرُ الَّذِيْ جَاءَ مُوْسَى , وَ أَنَّ قَوْمَكَ سَيُكَذِّبُوْنَكَ , وَ يُؤْذُوْنَكَ , وَ يُخْرِجُوْنَكَ , وَ يُقَاتِلُوْنَكَ

Artinya :

"Demi Allâh Yang jiwa-ku di tangan-Nya, sesungguhnya engkau adalah Nabinya umat ini, dan sesungguhnya yang datang kepada-mu itu adalah Namûs yang besar (Jibrîl) yang pernah datang kepada Mûsâ. Sesungguhnya kaum-mu akan mendustakan-mu, menyakiti-mu, mengusir-mu dan memerangi-mu".

Beliau amat terkejut mendengar penuturan Waraqah, terutama sekali ucapan yang menyatakan bahwa Beliau akan diusir oleh kaumnya. Karena Beliau mengetahui betul bagaimana kedudukannya di hadapan kaum Quraisy yang selalu memanggil Beliau dengan sebutan Al-Amîn. Bukankah hal itu menunjukkan betapa mulianya Beliau di hadapan kaum Quraisy dan betapa percayanya mereka kepada Beliau ? Maka dengan rasa heran yang besar Beliau bertanya kepada Waraqah :

أَوَ مُخْرِجِيَّ هُمْ ؟

Artinya :

"Apakah mereka benar-benar akan mengusir aku ?".

Dengan tegas Waraqah menjawab :

نَعَمْ , إِنَّهُ لَمْ يَأْتِ رَجُلٌ قَطُّ بِمِثْلِ مَا جِئْتَ بِهِ إِلاَّ عَادَاهُ النَّاسُ وَ حَارِبُوْهُ

Artinya :

"Benar, tidak ada seorang pun yang datang dengan membawa -- ajaran -- seperti yang engkau bawa melainkan ia pasti dimusuhi dan diperangi oleh manusia banyak".

Lalu Waraqah mengutarakan angan-angannya kepada Beliau, seandainya ia masih muda ia tentu akan mendampingi Beliau menyebarkan risalahnya. Namun sayang, usianya ketika itu sudah sangat tua dan tidak lama setelah itu ia pun wafat [1].

Setelah mendapatkan penjelasan dari Waraqah, Beliau kembali dengan perasaan tenang ke rumahnya bersama Khadîjah. Sekarang telah jelas bagi Beliau, bahwa yang datang pada Beliau itu adalah wahyu dari Allâh, dan Beliau yakin bahwa wahyu itu akan datang kembali kepadanya. Dan beliau sangat mengharapkan hal itu datang secepatnya.

Tidak seperti yang Beliau harapkan, ternyata wahyu berikutnya tertunda dalam waktu yang cukup lama sehingga membuat Beliau kembali merasa takut. Dalam keadaan seperti itu, wahyu pun datang kembali kepada Beliau, yang membuat Beliau kembali tenteram. Dan sekarang hati Beliau benar-benar mantap, bahwa wahyu datang dari Allâh SWT, bahwasanya Allâh telah memilihnya untuk membawa agama langit kepada umat manusia dan mengembalikan agama-agama langit -- yang dibawa oleh para utusan -- sebelumnya yang telah dikotori oleh tangan-tangan manusia kepada keasliannya.

Beliau sekarang telah menjadi utusan Allâh dan Nabi yang dipilih-Nya untuk menyampaikan risalah Islâm kepada seluruh umat manusia, untuk membebaskan dan membawa mereka dari belenggu kekafiran, perbuatan syirik dan alam jahiliyyah kepada cahaya Imân, Tauhîd dan Islâm.

Dari sinilah dimulai sejarah Muhammad Rasûlullâh saw. dan perjuangannya menunaikan risalah yang dibebankan Allâh dengan sebaik-baiknya bentuk.

Wahyu, yaitu ayat-ayat Al-Qur-ân pun mulai turun secara teratur, sedikit demi sedikit kepada Rasûlullâh saw. melalui malaikat Jibrîl a.s. dengan berbagai cara. Terkadang dengan cara langsung ke telinga Beliau, dan Jibrîl tidak meninggalkan Beliau sampai Beliau berhasil menghafal dan menempatkan ayat-ayat tersebut dalam hatinya. Dan kadang-kadang langsung di tempatkan oleh Jibrîl dalam hati Beliau dan Beliau mengulang-ulang ayat-ayat itu dengan mulutnya. Dan setiap datang satu ayat kepada Beliau, Beliau pun mengulang-ulangnya berkali-kali sehingga ayat itu tertanam dengan kuat dalam hatinya lalu Beliau bacakan kepada para sahabatnya. Kepada mereka yang pandai menulis, Beliau perintahkan untuk mencatatnya. Para sahabatnya pun segera menerima ayat-ayat itu dari Beliau, membacanya dan menghafalkannya. Maka ayat-ayat itu pun tetap dalam bentuk yang tidak akan berubah selamanya.

Seperti inilah proses turunnya ayat-ayat sampai membentuk surah-surah yang sempurna, yaitu sedikit demi sedikit dalam masa kurang-lebih dua-puluh-tiga tahun. Berdasarkan usia Beliau pertama-kali menerima ayat-ayat yang turun, yaitu empat-puluh tahun, dan ayat yang terakhir turun ketika usia Beliau kurang-lebih enam-puluh-tiga tahun.

[1] Sebagian orang ketika itu ada yang meragukan Islâmnya Waraqah, namun Rasûlullâh saw. menyanggah keraguan mereka, Beliau bersabda:

لاَ تَسُبُّوْا وَرَقَةَ فَإِنِّي رَأَيْتُ لَهُ جَنَّةٌ أَوْ جَنَّتَيْنِ

Artinya :

"Janganlah kalian mencela Waraqah, karena aku pernah melihatnya memiliki sebuah atau dua-buah Surga".

(H.R. Al-Hâkim. Lihat Al-Ahâdîtsush-Shahîhah oleh As-Syaikh Al-Albânî jilid I no.: 405)

Sumber : http://dakwah.info

0 komentar:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates

 

Cute Orange Flying Butterfly